Jumat, 13 Juli 2012

Idul Fitri : Booming Bagi Para Pedagang

Tak dapat dipungkiri bahwa menjelang Idul FItri, merupakan momen booming bagi umumnya pedagang. Pada momen tersebut, orang-orang khususnya para pegawai dan pekerja biasanya memiliki daya beli berlebih dari bulan-2 lainnya, yang berasal dari THR (Tunjangan Hari Raya) yang mereka terima dari perusahaan tempatnya bekerja. Pada dasarnya, bangsa kita sepertinya adalah bangsa yang konsumtif. Jika mereka mempunyai uang yang berlebih, mereka akan membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Hanya sedikit yang tidak bersifat konsumtif, yaitu diantaranya para pedagang itu ! Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk menjual barang-barang pada para konsumtifer (?) tersebut.
Jadi, apapun jenis dagangannya, kemungkinan besar akan laris terjual, apalagi pada hari2 setelah orang2 menerima THR. Booming untuk para pedagang !

2 komentar:

  1. Tidak semua makanan yang sudah kita siapkan bisa dilahap habis dalam sekali santap. Apalagi kalau dalam jumlah cukup besar seperti saat hari raya atau momen-momen khusus lainnya. Begitu pula bahan makanan mentah yang dijual para pedagang. Prinsip "sayang kalau dibuang" membuat kita berpikir keras, bagaimana agar bahan makanan tersebut bisa awet dan tahan lama. Lalu ditambahkanlah zat/bahan tertentu yang mampu membuat makanan awet dan tidak cepat busuk/rusak. Bahan-bahan tersebut kita kenal dengan bahan pengawet makanan.

    BalasHapus
  2. tersebut mengandung boraks, dan yang lebih ekstrim lagi yaitu dicuci dengan menggunakan bahan soda api (bersifat korosif) yang dicampur dengan air. Bahan soda api dapat menyamarkan daging (khususnya daging ayam tiren) yang mengalami pembusukan awal agar terlihat segar kembali dan sangat sulit untuk dibedakan dengan daging yang memang segar. Untuk lebih bisa mengecoh konsumen yang kurang jeli, pedagang-pedagang nakal ini pun kemudian mencampurkan daging rekondisi ini dengan campuran daging segar dengan komposisi yang telah ditentukan agar sulit dikenali oleh calon konsumen.

    BalasHapus